STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN NASABAH PEMBIAYAAN MIKRO (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pringsewu

Wigati, Risqi titis (2017) STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN NASABAH PEMBIAYAAN MIKRO (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pringsewu. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (67MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang startegi relationship marketing yang diterapkan oleh Bank Syariah Mandiri Pringsewu yang mana pada saat ini banyaknya persaingan antara lembaga keuangan, dan disamping itu kedisiplinan nasabah pembiayaan yang memicu berkembang atau tidaknya bank tersebut. Dimana rumusan masalah disini adalah apa saja dan bagaimana penerapan strategi relationship marketingyang dijalankan oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Pringsewu ?, kemudian apakah strategi relationship marketing tersebut dapat meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan mikro pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pringsewu ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi relathionship marketing pada bank syariah mandiri pringsewu dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaanmikro. Pada penelitian ini mengguanakan metode kualitatifyaitu posedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara. Wawancara dilakukan terhadap nasabah pembiayaan mikro akad murabahah,staff marketing, dan kepala bagian dari pembiayaan warung mikro yang ada di Bank Syariah Mandiri Kantor cabang Pringsewu, sedangkan data skunder berupa teori dan data penunjang lainya diperoleh dari kepustakaan,dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendiskripsikan strategi relationship markketing dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan mikro pada Bank Syariah Mandiri kantor cabang Pringsewu. Dari hasil penelitian, menurut penulis strategi relathionship marketing dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan mikro pada Bank Syariah Mandiri cabang Pringsewu dapat terlaksana dengan baik, dimana ketika bank menggunakan pendekatan-pendekatan social benefit, financial benefit dan structural benefit, dan saat dilapangan para nasabah mengungkapkan hal yang serupa, meskipun belum semua nasabah yang mendapat apresiasi. Sesuai dengan metode yang penulis pilih triangulasi yaitu memperkuat 2 fakta yang terjadi dilapangan dengan apa yang dilakukan oleh pihak bank mengungkapkan banyak kesamaan, dalam kepatuhan pembayaran angsuran ada 5 nasabah atau (23,8%) nasabah membayar sebelum jatuh tempo, 14 nasabah atau (66,6%) nasabah membayar tepat jatuh tempo dan 2 nasabah atau (9,6%) nasabah tidak pasti , terkadang tepat terkadang setelah jatuh tempo, maka strategi Relationship Marketing dalam meningkatkan kedisiplinan nasabah pembiayaan mikro benarbenar diterapkan oleh pihak Bank Syariah Mandiri cabang Pringsewu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2017 06:59
Last Modified: 27 Nov 2018 03:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item