ANALISIS LAYANAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN APLIKASI ICILEGON DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA CILEGON PROVINSI BANTEN

ASSYFA, AYU ANGELINA (2023) ANALISIS LAYANAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN APLIKASI ICILEGON DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA CILEGON PROVINSI BANTEN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Cetak SKRIPSI ASSYFA AYU ANGELINA SEMESTER 8 TAHUN 2023.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Layanan perpustakaan merupakan kegiatan dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi pengguna perpustakaan, secara cepat, tepat, dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi perpustakaan dengan menggunakan aplikasi iCilegon pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon, serta untuk mengetahui implementasi aplikasi iCilegon meningkatkan kualitas layanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan bahwa Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi berdasarkan teori Arikunto. Teknik pengambilan sampel ini digunakan apabila jumlah populasi diatas 1000 dengan demikian pengambilan sampel sekurang-kurangnya 10% atau sama dengan 10% dengan demikian sampel pada penelitian terdapat 117 dari 1172 populasi, populasi dari penelitian ini adalah pengguna aplikasi iCilegon, adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket atau kuesioner dan didukung melalui wawancara, dokumentasi, dan studi literature. Pada penelitia ini peneliti terdapat satu variabel yaitu dapat dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS versi 25.0 for computer. Dalam pengolahan data penelitian penulis menggunakan tabel frekuensi. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa sistem informasi pada perpustakaan menggunakan aplikasi iCilegon dapat berjalan dengan baik, hal ini terbukti dengan diperoleh 81.5% pada kualitas sistem, 79,2% pada kualitas informasi, 81,4% pada kualitas layanan, 80,6% pada penggunaan, kepuasan pengguna yang memiliki skor total 79.6%, dan 81,7% pada manfaat bersih. dengan demikian penelitian ini dikemukakan bahwa implementasi menggunakan aplikasi iCilegon dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon. Kata Kunci: Layanan Perpustakaan, Aplikasi iCilegon, Sistem Informasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Divisions: Fakultas Adab > Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:51
Last Modified: 18 Apr 2023 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/27803

Actions (login required)

View Item View Item