PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN STRATEGI BRAINSTORMING TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITNJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Setiawati, yunita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY DENGAN STRATEGI BRAINSTORMING TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DITNJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi berupa tes kemampuan penalaran matematis peserta didik semester ganjil kelas VII B SMP Negeri 9 Bandar Lampung pada hari kamis 12 Januari 2017, menunjukkan bahwa terdapat peserta didik yang tidak mencapai KKM. Penyebab hal ini adalah peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas, kurangnya tuntutan peserta didik untuk menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari, dan motivasi belajar peserta didik masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Knisley dengan strategi brainstorming terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Bandar Lampung dengan jumlah populasi 312 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Knisley dengan strategi brainstorming, kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Knisley dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan sel tak tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil bahwa, kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan perlakuan model pembelajaran Knisley dengan strategi brainstorming lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan perlakuan model pembelajaran Knisley maupun model pembelajaran konvensional/metode ceramah. Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik daripada peserta didik yang memiliki motivasi belajar sedang maupun rendah. Sedangkan kemampuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2017 07:00
Last Modified: 29 Dec 2017 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item