Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTS.Ma'arif Sidoharjo Kec. Way Panji KAB. Lampung Selatan

Mustofa , Ihsan (2017) Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTS.Ma'arif Sidoharjo Kec. Way Panji KAB. Lampung Selatan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (533kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (723kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (642kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (287kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (752kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (484kB)

Abstract

Kinerja Guru merupakan faktor pendukung untuk meningkatkan mutu pendidikan, pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan melalui pengelolaan dan penekanan terhadap pencapaian fungsi-fungsi yang diterapkan oleh para ahli. Dan MTs Ma’arif Sidoharjo menerapkan manajemen pendidikan yang juga diterapkan oleh madrasah-madrasah lainnya,yaitu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, namun implementasi fungsi-fungsi manajemen tersebut dapat maningkatkan kinerja Guru MTs Ma’arif Sidoharjo. Untuk itu penulis akan meneliti manajemen yang digunakan MTs Ma’arif Sidooharjo tersebut, guna mengungkapkan manajemen pendidikan nya diterapkan di MTs Ma’arif Sidoharjo dalam upaya peningkatkan kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Sidoharjo. Penelitian ini ditempuh dengan melalui observasi langsung kelokasi penelitian, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisa data nya melalui reduksi,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis Kualitatif ini membandingkan teori dengan data yang sudah diolah dan diaplikasikan yang dirumuskan berupa pernyataan yang disajakan dalam bentuk narasi kalimat, lalu diklasifikasikan menurut tema dan sub bahasan secara logis dan sistematis sampai penarikan kesimpulan. Dari hasil temuan terkait penelitian ini , maka dapat disebutkan bahwa hasil yang dicapai dalam implementasi fungsi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kinerja guruMTs.Ma’arif Sidoharjo antara lain (1). Kepala MTs Ma’arif sidoharjo dapat Mengimplementasikan manajemen pendidikan yang trasparan, akuntabel dan partisipatif, (2). Kualitas madrasah semakin meningkat, (3). Madrasah semakin mempersiapkan dan mengembangkan profesionalitas dan sistem manajemen yang sistematis serta terprogram,(4). Namun masih terdapat guru yang nilai kehadiranya kurang maksimal Sebagaikesimpulan akhir dari tesis ini diperoleh hasil bahwa: Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan di MTs Ma’arif Sidoharjo yaitu Manajemen yang transparan efektif, akuntabel dan partisipatif, dengan menjalankan fungsi-fungsi manajemen teori George Terry yaitu menjalankan fungsi-fungsi manajemen pendidikan diawali dengan perencanaan seluruh program diantara nya perumausan visi, misi dan tujuan serta perencaaan peningkatan Mutu Madrasah di MTs Ma’arif Sidoharjo. Namun Sistem pengorganisasian dengan merekrut tenaga yang profesional yang sesuai kebutuhan dan latar belakang pendidikan serta pengalaman belum sepenuhnya tercapai, dan masih adanya guru yang tingkat kehadiranya rendah pengerakan dan pengawasan yang diawasi oleh Kepala Sekolah dan jajarannya dengan evaluasi yang terus menerus dan berkelanjutan, yang teryata merupakan upaya MTs Ma’arif Sidoharjo untuk meningkatkan kinerja Madrasah tersebut, namun dikarnakan keterbatasnya anggaran dan minimnya guru yang bersertivikasi sehingga minimnya kesejahtraan guru. Oleh karna itu perlunya kepala Madrasah berinovasi untuk menambah Inkam Madrasah untuk kemajuan Pendidikan dan kesejahtraan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:21
Last Modified: 07 Mar 2017 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item