MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK GOEMERLANG BANDAR LAMPUNG

Intan Sari , Heni (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK GOEMERLANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK GOEMERLANG BANDAR LAMPUNG Oleh Heni Intan Sari Kemampuan motorik halus anak di TK Goemerlang Bandar Lampung masih tergolong rendah, misalnya dalam kegiatan mewarnai anak masih belum terlihat rapi Maka mendorong pendidik untuk mengembangkannya melalui kegiatan finger painting. finger painting/ melukis dengan jari adalah salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Karena dengan memilih metode yang tepat maka dapat menjadi penunjang keberhasilan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan finger painting dan untuk mengetahui keberhasilan penerapan metode finger painting apakah dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak Kelompok B di TK Goemerlang Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim disebut Classroom Action Risearch. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan finger painting anak kelompok B di TK Goemerlang Bandar Lampung, pada siklus I peserta didik yang Belum Berkembang mempunyai nilai persentase yang tinggi, dan peserta didik yang Berkembang Sangat Baik mempunyai nilai persentase yang sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang aktif dan kurang fokus dalam menerima pembelajaran khususnya dalam kegiatan finger painting. Pada siklus II, peserta didik yang Belum Berkembang mengalami jumlah yang sangat rendah dibanding pertemuan sebelumnya, peserta didik yang Berkembang Sangat Baik mengalami peningkatan yang bertambah dan dapat dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator tingkat pencapaian yakni 85%. Maka dapat penulis simpulkan bahwa melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak di TK Goemerlang Bandar Lampung. Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Finger Painting , Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:19
Last Modified: 08 Jan 2018 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item