PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL ISLAM SRIDADI KABUPATEN TANGGAMUS

Rarasati , Gita (2017) PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NURUL ISLAM SRIDADI KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK] PDF (ABSTRAK)
Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (870kB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN METODE BERMAIN DENGAN MEDIA PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAKUSIA DINI DI TK NURUL ISLAM SRIDADI KABUPATEN TANGGAMUS Oleh: Gita Rarasati Kemampuan kognitif adalah salah satu kecerdasan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Untuk mengembangkan kecerdasan tersebut sudah seharusnya guru bisa menggunakan metode dan media pembelajaran sebagai sarana untuk menyampaikan materi yang ingin disampaikan agar anak menjadi lebih tertarik dan senang untuk mempelajarinya. Penelitian ini dilakukan di TK Nurul Islam Sridadi Kabupaten Tanggamus selama satu bulan, mulai tanggal 01 Agustus sampai 01 September 2016. Penelitian ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas dengan jenis Penelitian deskriptif Kualitatif. Adapun penulisan rumusan masalah yang peneliti ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Bermain dengan Media Playdough dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Nurul Islam Sridadi Kabupaten Tanggamus”. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode observasi sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian serta metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode bermain dengan media playdough dapat mengembangkan kemampuan Kognitif anak. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut, peneliti mendapatkan hasil yang signifikan, yaitu data awal hanya terdapat 10% atau 2 dari 20 anak yang kemampuan kognitifnya Berkembang Sangat Baik (BSB), kemudian setelah dilaksanakan siklus I sebanyak 45% atau 9 dari 20 anak yang kemampuan kognitifnya Berkembang Sangat Baik (BSB) dan pada Siklus II sebanyak 80% atau 16 dari 20 anak yang kemampuan kognitifnya Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian maka dapat penulis simpulkan bahwa penggunaan metode bermain dengan media playdough dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini TK Nurul Islam Sridadi Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2015/2016 dengan hasil yang sangat baik. Kata Kunci: Metode Bermain, Media Playdough, Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:19
Last Modified: 08 Jan 2018 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2763

Actions (login required)

View Item View Item