MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS III MIN 2 LAMPUNG BARAT

SUARNI , S (2017) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS III MIN 2 LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF (SKRIPSI)
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS III MIN 2 LAMPUNG BARAT Oleh : SUARNI Latar belakang masalah penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya variasi guru dalam menerapkan model pembelajaran dikelas. Berpengaruh pada kurangnya partisipasi atau keaktifan belajar peserta didik, sehingga pencapaian hasil belajar peserta didik banyak yang belum mencapai KKM 70. Kondisi di atas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan menerapkan model Team Assisted Individualization (TAI), karena model ini adalah salah satu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk ikut aktif dalam belajar. Model ini juga menguji pemahaman peserta didik dengan suasana belajar yang menyenangkan dan kerjasama antara satu siswa dengan siswa lainnya, sehingga membuat suasana kelas menjadi kooperatif. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan peneliti yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA, melalui model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) kelas III di MIN 2 Lampung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus. Pada setiap siklus tahapan meliputi: perencanan, pelaksanan , observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 29 siswa di MIN 2 Lampung Barat. Data diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualiatatif untuk menganalisis hasil tes dan mencari ketuntasan secara individu dan ketuntasan klasik dengan kriteria ketuntasan minimal 70 dengan ketuntasan klasik 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III di MIN 2 Lampung Barat. Siklus I nilai rata-rata peserta didik sebesar 62,06%, siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III MIN 2 Lampung Barat. Dan bisa menjadi rujukan atau masukan terhadap sekolah dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), sebagai salah satu model pembelajaran yang berguna bagi peningkatan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar siswa, diikuti dengan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, terbukti adanya peningkatan dalam keaktifan siswa pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA dan Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:20
Last Modified: 08 Jan 2018 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2761

Actions (login required)

View Item View Item