MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROYEK DI MI ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Piona , Yeyen (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROYEK DI MI ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROYEK DI MI ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 oleh : Yeyen Piona keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih sangat kurang hal ini karena siswa belum memahami konsep materi dan kesulitan menyelesaikan tugastugas yang diberikan, sementara diketahui daya tangkap siswa berbeda-beda. Pada pembelajaran metode proyek, anak-anak di libatkan dalam memilih topik-topik pembelajaran yang menarik perhatian dan ingin di ketahui lebih dalam. dapat di lakukan secara individu maupun kelompok yang mana anak berbagai tanggung jawab, membina hubungan, menghargai orang lain. Permasalahan yang di jumpai dalam pembelajaran, hususnya pelajaran alquran hadis bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga di peroleh hasil yang efektif dan efesien. masalah lainnya yang sering di dapat adalah kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan metode mengajar dalam upaya peningkatan mutu pengajaran secara baik. penelitian bertujuan untuk ingin mengetahui bagaimana penerapan metode peroyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran al-quran hadis di MI Ismaria Al-quranniya Bandar lampung tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian tindakan dari lewis yang ditafsirkan oleh kemmis, penelitian ini bersifat kolaboratif dimana guru al-qur’an hadis dan peneliti saling bekerjasama. Subjek penelitianya adalah siswa kelas III C MI Ismaria Alqur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 orang. Hasil belajar al-qur’an hadis dapat ditingkatkan melalui penerapan metode proyek pada siswa kelas III MI Ismaria Al-Qur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Buktinya terlihat dari presentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I nilai tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadis materi “hukum bacaan qalqalah” menunjukan peningkatan 48% setelah diterapkan metode proyek, selanjutnya dilanjutkan pada siklus II nilai al-quran hadis menunjukan peningkatan yang sangat signifikan 89,3% siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar sesuai nilai KKM Al-qur’an Hadis. Kata kunci: metode proyek, hasil belajar al-qur’an hadis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:20
Last Modified: 08 Jan 2018 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2756

Actions (login required)

View Item View Item