PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAY KANAN

SELVIANA , LILI (2017) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi] PDF (skripsi)
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN KASUI KABUPATEN WAY KANAN Oleh Lili Selviana Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh, dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan anak. Apakah kemampuan bahasa anak usia dini dapat dikembangkan melalui metode bermain peran di TK Negeri Pembina Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperkembangan kemampuan bahasa anak melalui metode bermain peran. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah peserta didik di kelas B2 sebanyak 15 anak. Sedangkan objek dalam penelitian adalah pengembangan kemampuan bahasa anak usia dini melalui metode bermain peran di TK Negeri Pembina Kecamatan Kasui kabupaten Way Kanan. Teknik penelitian menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi/video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengembangan kemampuan bahasa yang bersifat kontinyu dari setiap pertemuan di siklus I dan II yang dihadiri oleh peserta didik 15 anak (100%). Pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I dapat diketahui bahwa, pada pertemuan I dari 15 anak kelas B2 yang memberikan hasil berkembang sesuai harapan (BSH) dapat diketahui ada 4 anak (26,5% ), Mulai Berkembang (MB) ada 4 anak (26,5%), Belum Berkembang (BB) ada 7 anak (47%). Pada pertemuan kedua dari 15 anak di kelas B2 yang memeberikan hasil berkembang sesuai harapan (BSH) ada 7 anak (47%), Mulai berkembang (MB) ada 5 anak (33%), dan Belum berkembang (BB) ada 3 anak (20%). Pada siklus II hasil Berkembang sesuai harapan (BSH) ada 10 anak (66,5%), Mulai Berkembang (MB) ada 3 anak (20%), dan Belum Berkembang (BB) ada 2 anak (13,5%). Dan pada pertemuan keempat yang memberikan hasil Berkembang sesuai harapan (BSH) ada 12 anak (80%), Mulai berkembang (MB) ada 2 (13,5%), dan Belum berkembang (BB) ada 1 anak (6,5%). Kata Kunci = Kemampuan Bahasa, Metode Bermain Peran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:20
Last Modified: 08 Jan 2018 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item