MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI ISLAM SWASTA (Studi Kasus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam Meningkatkan Input dan Output UM Metro, IAIM NU dan STIT Agus Salim Metro)

Gunawan, G (2017) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI ISLAM SWASTA (Studi Kasus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam Meningkatkan Input dan Output UM Metro, IAIM NU dan STIT Agus Salim Metro). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Disertasi_Gunawan_NPM_1303020026.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Perguruan tinggi di Indonesia walaupun penggarapan bidang penjaminan mutu perguruan tinggi secara formal baru dimulai tahun 2003 yaitu ketika saat munculnya pedoman penjaminan mutu perguruan tinggi yang diterbitkan oleh Dikti Depdiknas, namun sesungguhnya gerakan penjaminan mutu telah ada jauh sebelumitu.Pendidikan di Indonesia belum menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu. Manajemen mutu akan mempengaruhi input, proses dan output. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui proses penyusunan perencanaan manajemen mutu perguruan tinggi Islam dalam peningkatan input dan output UM Metro, IAIM NU dan STIT Agus Salim Metro.2) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen mutu perguruan tinggi Islam dalam peningkatan input dan output UM Metro, IAIM NU dan STIT Agus Salim Metro. 3) untuk mengetahui evaluasi manajemen mutu perguruan tinggi Islam dalam peningkatan input dan output UM Metro, IAIM NU dan STIT Agus Salim Metro. 4) untuk mengetahui dampak pelaksanaan manajemen mutu perguruan tinggi Islam di UM Metro, IAIM NU dan STIT Agus Salim Metro. Ketiga perguruan tinggi tersebut, berada di kota Metro dengan luas wilayah 68.78 km2 dan jumlah penduduk 150.950 jiwa, bersaing dengan 14 perguruan tinggi dalam 74 program studi namun sampai sekarang masih tetap eksis (sustainible) dengan perolehan peminat mahasiswa yang cukup tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis field research (penelitian lapangan), artinya data yang diangkat adalah data dari realitas yang ada atau terjadi dilapangan untuk memperjelas kesesuaian teori dan realita di lapangan, sebagaimana Pendekatan kualitatif adalah suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu secara holistik (utuh). Pendekatan kualitatif memiliki karakteristik alami (natural serfing) sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil. Analisis dalam penelitian kualitatif cenderung dilakukan secara analisa induktif dan makna merupakan hal yang esensial. Berdasarkan analisis data diperoleh temuan dan sebagai berikut : 1) Temuan Umum profil perguruan tinggi Islam Swasta yang diteliti. 2) Temuan Khusus perencanaan peningkatan mutu, pelaksanaan peningkatan mutu dan evaluasi peningkatan mutu perguruan tinggi. 3) Temuan lintas situs 4) Temuan lain yang mempengaruhi 5) Model Teori Mutu Baitul Ikhsan. Kesimpulan : 1) Manajemen mutu pendidikan perguruan tinggi islam swasta di UM Metro, IAIM Metro, dan STIT Agus Salim Metro secara perencanaan dan administrasi keseluruhan telah terlaksana dengan baik. yang masing-masing perguruan tinggi berorientasi kepada peningkatan mutu input, proses dan output. 2) Tinggi rendahnya peminat calon mahasiswa (Input) ketiga perguruan tinggi tersebut dipengaruhi oleh faktor lain. dampak banyaknya peminat calon mahasiswa yang ada di tiga perguruan tinggi Islam swasta tersebut dipengaruhi oleh faktor sejarah, faktor lingkungan, faktor basis, faktor silaturahmi dan konsolidasi dan faktor penyelenggaraan perkuliahan.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:37
Last Modified: 04 Dec 2018 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item