PERANAN MEDIA GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK DARMA WANITA BIHA PESISIR BARAT

Astuti , Yuli (2017) PERANAN MEDIA GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK DARMA WANITA BIHA PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN MEDIA GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DITAMAN KANAK–KANAK DARMA WANITA BIHA PESISIR BARAT Oleh: YuliAstuti Penelitian ini berkaitan tentang peranan media gambar dalam mengembangkan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Darma Wanita Biha Pesisir Barat. Rumusan masalah “apakah peranan media gambar dapat mengembangkan kreativitas anak di taman kanak-kanak Darma Wanita Biha Pesisir Barat”. Masih jarang sekali guru yang menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga sering kali anak merasa bosan, jenuh dan tidak fokus selama kegiatan pembelajaran. Akibatnya perkembangan kreativitas anakpun kurang begitu berkembang secara signifikan. Oleh karena itu, diperlukan peranan media gambar untuk mengembangkan kreativitas anak. Selanjutnya tujuan penelitian ini adalah diharapkan dapat mengetahui peranan media gambar dalam mengembangkan kreativitas anak, serta untuk memberikan konstribusi yang dapat merubah pola pembelajaran yang menjadi lebih baik dan modern, sehingga tidak memberikan kebosanan pada anak untuk mendengarkan penjelasan guru dalam menyampaikan materi ajar di taman kanak-kanak Darma wanita Biha Pesisir Barat. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ialah teknik observasi sebagai teknik pokok, teknik dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian serta teknik wawancara untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kreativitas anak melalui peranan media gambar. Dengan melaksanakan PTK sebanyak dua siklus, dalam setiap siklus peneliti melaksanakan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam penelitian diperoleh kreativitas anak mengalami peningkatan setelah peranan media gambar digunakan. Setiap siklus mengalami peningkatan, siklus pertama, pada pertemuan pertama perkembangan kreativitas anak dengan indikator penilaian terdapat : BSB sebanyak 3 anak atau setara (18.75%), BSH 1 orang (6.25%), MB 2 Orang (12.5%), dan BB sebanyak 10 orang 62.5%, kemudian pada siklus dua, pertemuan kedua dicapai hasil yang sangat baik dan memuaskan dimana BSB sebanyak 13 orang (81,25%), BSH 2 orang (12,5%), MB sebanyak 1 orang (6.25%), BB sebanyak (0%), itu artinya peserta didik telah mencapai standar penilaian yang telah ditetapkan. Kata kunci : Taman Kanak-kanak, kreativitas, dan peranan media gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:20
Last Modified: 08 Jan 2018 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item