PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs AL MUHAJIRIN PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Lukmana, Desi ani Ayu (2017) PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs AL MUHAJIRIN PANJANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (69MB)

Abstract

Penyesuaian diri merupakan kemampuan individu dalam menghadapi tuntutan-tuntutan, baik dari dalam diri maupun dari lingkungan agar terdapat keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan dengan tuntutan lingkungan sehingga tercipta keselarasan antara individu dan realitas. Kenyataan yang ada pada peserta didik kelas VIII MTs Al Muhajirin Panjang Bandar Lampung menunjukkan terdapat peserta didik yang memiliki penyesuaian diri negatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy berpengaruh terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VIII MTs Al Muhajirin Panjang Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 10 peserta didik, terbagi menjadi dua kelompok, 5 peserta didik kelompok eksperimen dan 5 peserta didik kelompok kontrol. Pada dua kelompok tersebut, sama-sama dilakukan pre-test dan post-test, dalam penelitian ini fokus memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang pengaruh konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terhadap penyesuaian diri peserta didik, sedangkan teknik pengumpul data yang peneliti gunakan yaitu angket tentang penyesuaian diri, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan penyesuaian diri peserta didik setelah melaksanakan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy diperoleh thitung 10.205 pada derajat kebebasan (df) 8 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0.05 = 2.175, maka thitung ≥ ttabel (10.205 ≥ 2.175), nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0.005 (0.000 ≤ 0.005), dengan demikian penyesuaian diri peserta didik terdapat perubahan setelah di berikan layanan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy berpengaruh terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VIII MTs Al Muhajirin Panjang Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Saran yang di ajukan peneliti yaitu kepada guru bimbingan dan konseling agar dapat melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling dengan menyertakan layanan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi penyesuaian diri peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2017 02:12
Last Modified: 28 Dec 2017 02:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item View Item