PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEWORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN 11 BANDAR LAMPUNG

Fatmawati, Ana (2017) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPEWORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (4MB)

Abstract

Di dalam dunia pendidikan, guru adalah seorang pendidik, pembimbing, dan menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan.Kenyataannya pada saat ini masih banyak guru yang melakukan pembelajaran dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menggunakan metode konvensional, dalam situasi yang seperti ini akan membuat pembelajaran kurang berkesan bagi siswa. Dapat diketahui bahwa pada mata pelajaran IPS masih banyak siswa yang hasil belajarnya belum tuntas dan masih rendah. Untuk itu digunakan model pembelajaran word square dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS, dibanding dengan siswa yang menggunakan metode konvensional.Penelitian ini dilakukan di MIN 11 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain true experimental design.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik probability sampling, yang melibatkan 50 siswa sebagai sampel.Sampel yang pertama berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen, dan sampel kedua berjumlah 25 siswa untuk kelas kontrol.Data penelitian diperoleh dari hasil pretest dan posttest, yang berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal.Analisis data kedua kelompok tersebut menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 20. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas IV A yang diajarkan dengan model pembelajaran word square adalah 81,20, dan nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas IV B yang diberikan pembelajaran dengan metode konvensional adalah 73,00 dengan nilai thitung< ttabel (2,063 < 6,718 ≥ 2,063), dengan taraf signifikan 0,05 (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar IPS,Aktifitas dan Potensi Ekonomi Daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:37
Last Modified: 27 Dec 2017 08:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2736

Actions (login required)

View Item View Item