PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs

Yatami, Vini (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of vini_yatami.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Examples Non Examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media dalam penyampaian materi untuk mendorong peserta didik berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan yang terkandung dalam gambar yang di sajikan. Sedangkan aktivitas belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam proses interaksi antara pendidik dengan peserta didik untuk mencapai tujuan belajar, dan kreativitas belajar adalah hasil dari interaksi antara individu dan lingkungan untuk memikirkan tentang suatu cara yang baru. Hal yang terjadi pada penelitian ini, model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik masih mengacu pada tingkat kognitif rendah, yakni ingatan dan hapalan serta pengerjaan soal latihan, dan pada proses pengajaran, cendrung terpusat pada pendidik, sedangkan peserta didik kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajran Examples Non Examples. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara model Examples Non Examples dan model konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Uji validitas item tes instrument menggunakan rumus product moment. Reliabilitas instrument tes dengan menggunakan rumus Alpha dari cronbach. Hasil analisis mengenai instrument menunjukan instrument penelitian valid dan reliable. Uji prasyarat analisis variansi yang dilakukan adalah uji liliefors untuk mengetahui normalitas dan uji Bartlett untuk mengetahui homogenitas, selanjutnya untuk pengujian hipotesis digunakan uji analisis variansi tiga jalan dengan sel sama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan analisis variansi tiga jalan dengan sel sama dapat disimpulkan bahwa Examples Non Examples ditinjau dari aktivitas dan kreativitas belajar peserta didik peserta didik yang menggunakan model Examples Non Examples lebih baik dari pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Examples non Examples, kreativitas, aktivitas, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:29
Last Modified: 27 Dec 2017 08:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2734

Actions (login required)

View Item View Item