PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION MELALUI TEKNIK MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK DI SMP N 31 BANDAR LAMPUNG

Amelia, Riska (2017) PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION MELALUI TEKNIK MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK DI SMP N 31 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of riska_amelia.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan di SMP N 31 Bandar Lampung ditemukan bahwa permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik. Maka penulis tertarik untuk menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika, dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengungkapkan ide tau gagasan mereka yaitu dengan menggunakan model explicit instruction melalui teknik mnemonic. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang diajar dengan model explicit instruction melalui teknik mnemonic dan diajar dengan model konvensional yang ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design dengan rancangan faktorial 3 x 2. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP N 31 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan acak kelas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa 279,993 > 3,109, 545,815 > 3,959, -272,699 < 3,109. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction melalui teknik mnemonic dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. (2) Terdapat pengaruh jenis kelamin dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik.(3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci: Explicit Instruction; Jenis Kelamin; Pemahaman Konsep Matematis dan Teknik Mnemonic

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 08:22
Last Modified: 27 Dec 2017 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item