PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016

Putri, Nur Afifah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung tahun ajaran 2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Design yang berbentuk Posttest Only Control Design jenis deskriptif kuantitatif. Mengingat data yang dianalisis bersifat kuantitatif, maka peneliti menggunakan uji validitas yang terdiri dari uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20, Uji normalitas menggunakan rumus Liliefors dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh 2,20 dengan taraf signifikansi didapat =2,006. Melalui kriteria uji jika thitung >ttabel maka H1 diterima. 2,20 > 2,006, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Katakunci : Hasil Belajar, IPS, model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:10
Last Modified: 07 Mar 2017 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item