HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 17 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oktavia, Rita (2017) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 17 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Rita.pdf] PDF
Download (65MB)

Abstract

Minat belajar adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Permasalahan minat belajar peserta didik di SMP Negeri 17 Bandar Lampung dengan kriteria sangat tinggi sejumlah 15 peserta didik (23,08%), kriteria tinggi sejumlah 31 peserta didik (47,69%), kriteria rendah sejumlah 15 peserta didik (23,08%), dan kriteria sangat rendah sejumlah 4 peserta didik (6,15%). Banyak faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik salah satunya adalah gaya belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara gaya belajar dengan minat belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis kuantitatif korelasional yaitu menggambarkan suatu pendekatan umum untuk penelitian yang berfokus pada penafsiran kovariasi diantara variabel yang muncul secara alami. Syarat-syarat penelitian korelasional yaitu data yang diuji harus homogen, data yang diuji harus berdistribusi normal, data yang diuji bersifat linier, dan sampel minimal 30 subjek. Untuk menghitung besarnya korelasi menggunakan statistik, teknik statistik yang digunakan adalah koefisien bivariat adalah statistik yang dapat digunakan oleh peneliti untuk menerangkan keeratan hubungan antara dua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan minat belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Dilihat dari hasil analisis data dan pengolahan data yang diperoleh hasil uji normalitas nilai signifikansi > 0,05 yaitu variabel x .371 dan variabel y .571 dan uji homogenitas nilai signifikansi (sig) > 0,05 yaitu .056 kemudian dilakukan uji korelasi rhitung > rtabel, yaitu rhitung .922 dan rtabel .000. Hal ini menunjukkan menolak Ho dan menerima Ha. Kata Kunci: gaya belajar, minat belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 02:26
Last Modified: 27 Dec 2017 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item View Item