IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PRINGSEWU

THALIA, PURNAMA SEPTIAN DAMAYANTI (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi THALIA PURNAMA SEPTIA DAMAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan kebijakan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMP Negeri 1 Pringsewu secara umumnya saat ini masih sangat kurang dalam penerapan manajemen di sekolahnya sendiri. Sedangkan secara khusus telah terdapat beberapa sekolah yang sudah baik dan unggul dalam manajemennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prestasi Belajar Peserta didik di SMP Negeri 1 Pringsewu melalui adanya implementasi kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah disekolah tersebut.dan mengetahui hambatan serta peluang dalam peberapan Manajemen Berbasis Sekolah tersebut. .Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif . dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melanjutkan dengan observasi disekolah untuk mendapatkan keabsahan data yang telah didapatkan dari hasil wawancara sebelumnya, dan peneliti melakukan dokumentasi dengan mengambil beberapa data disekolah untuk melengkapi penelitian. Analisa data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa SMP Negeri 1 Pringsewu sudah bermutu melalui adanya penerapan kebijakan MBS, hal ini dapat dilihat dari berbagai kejuaraan yang diraih oleh peserta didik. Sekolah ini telah berhasil menerapkan sistem Manajemen Berbasis Sekolah melalui berbagai tahap dalam proses implemetasi MBS, yaitu tahap input atau masukan berupa perencanaan visi dan Misi, kemudian tahap proses yaitu pelaksanaan yang dilakukan dengan pengawasan dan evaluasi dan yang terakhir Output hasil berupa peningkatan mutu sekolah. Kepala sekolah berupaya melakukan musyawarah untuk menerima masukan, melakukan pengawasan pada setiap pelaksanaan, melakukan perbaikan terus menerus, membuat kebijakan kebijakan yang dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Adapun peluang dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah ini adalah tingginya tingkat partisipasi masyarakat setempat dan dukungan dari segenap pegawai sekolah dengan team work yang baik. Sedangkan hambatan yaitu kurang dana yang menyebabkan minimnya sarana dan prasarana di sekolah ini. Maka dari itu untuk meminimalisir faktor penghambat tersebut adalah mengadakan infaq jum’at ikhlas bagi siswa maupun masyarakat yang mau membantu untuk memenuhi kekurangan dana. Selain itu mengajukan proposal permohonan dana pembangunan ke berbagai lembaga. Kata Kunci:Impelementasi,Kebijakan ,Manejemen Berbasis Sekolah iii ABSTRACT the implementation of school-based management (SBM) policies in Pringsewu 1 Public Middle School in general is still lacking in the implementation of management in their own schools. While in particular there have been several schools that are already good and superior in their management. This study aims to determine the Learning Achievement of Students at SMP Negeri 1 Pringsewu through the implementation of School Based Management policies at the school and to find out the obstacles and opportunities in implementing the School Based Management. . This study used descriptive qualitative method . in collecting data researchers used the method of observation, interviews and documentation. The researcher continued with observations at school to get the validity of the data that had been obtained from the results of previous interviews, and the researcher carried out documentation by taking some data at the school to complete the research. Data analysis was carried out by giving meaning to the collected data and conclusions were drawn. The results of the study stated that Pringsewu 1 Public Middle School was of high quality through the implementation of the SBM policy, this can be seen from the various championships won by the students. This school has successfully implemented a School�Based Management system through various stages in the SBM implementation process, namely the input stage in the form of vision and mission planning, then the process stage, namely implementation carried out with supervision and evaluation and finally the output results in the form of improving school quality. The school principal seeks to hold deliberations to receive input, supervise every implementation, make continuous improvements, make policies that can improve the quality of school education. The opportunities in implementing School Based Management are the high level of local community participation and support from all school employees with good team work. While the obstacle is the lack of funds which causes a lack of facilities and infrastructure in this school. Therefore to minimize these inhibiting factors is to hold a sincere Friday infaq for students and the community who want to help to meet the lack of funds. In addition to submitting development fund application proposals to various institutions Kata Kunci : Implementation, policy, school based management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:59
Last Modified: 17 Apr 2023 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/27173

Actions (login required)

View Item View Item