PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM

Khasanah, Novia Uswatun (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of NOVIA.pdf] PDF
Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Selama ini guru hanya menggunakan metode pembelajan ceramah. Proses pembelajaran peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 6 Bandar Lampung kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran biologi untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh penggunaan media maket dengan model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan pada quasi eksperimentalini adalah The Matching Postest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 6 Bandar Lampung dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 2 sebagai peserta didik eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis siswa. Setelah butir soal tes telah diproses analisis data diperoleh 15 butir soal tes kemampuan kemampuan berpikir krirtis dinyatakan layak untuk digunakan dan 10 butir soal yang digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh bahwa data hasil tes tersebut normal dan homogen. Selanjutnya uji hipotesis yang telah digunakan uji t diperoleh thitung (4,281) > ttabel (1,998) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media maket dengan model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok ekosistem. Kata Kunci: Media Maket, Model Pembelajaran Problem Solving, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2017 02:38
Last Modified: 27 Dec 2017 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item