PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Pitasari, Puput (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_puput.pdf] PDF
Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pernyataan di lapangan yang menunjukan bahwa mutu pendidikan di Indonesia rendah. Salah satunya, berkaitan dengan literasi sains dengan hasil penelitian PISA, bahwa proses pembelajaran ditemukan di SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung ada beberapa masalah yang bisa menimbulkan literasi sains peserta didik rendah. Karena pendidik masih menggunakan metode ceramah dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ATI terhadap peningkatan literasi sains pada peserta didik kelas VII SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Kuantitatif, desain penelitian quasy experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 120 peserta didik. Sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling, kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Berdasarkan Perhitungan diperoleh dari uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, adalah thitung = 2,100 dan ttabel = 0,161. Sehingga thitung > ttabel, Maka H0 ditolak. Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ATI terhadap peningkatan literasi sains peserta didik kelas VII SMP Al-Azhar 1 Bandar Lampung .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:03
Last Modified: 22 Dec 2017 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2713

Actions (login required)

View Item View Item