ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELOMPOK MATEMATIKA ILMU ALAM (MIA) DAN ILMU-ILMU SOSIAL (IIS) KELAS XI MAN 1 BANDAR LAMPUNG DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA

Holidun, H (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELOMPOK MATEMATIKA ILMU ALAM (MIA) DAN ILMU-ILMU SOSIAL (IIS) KELAS XI MAN 1 BANDAR LAMPUNG DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_HOLIDUN.pdf] PDF
Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah analisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelompok Matematika Ilmu Alam (MIA) dan Ilmu-ilmu Sosial (IIS) kelas XI MAN 1 Bandar Lampung ditinjau dari minat belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis analisis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok Matematika Ilmu Alam (MIA) dan Ilmu-ilmu Sosial (IIS) kelas XI MAN 1 Bandar Lampung. Data dalam penelitian ini berupa hasil observasi peserta didik kelas XI dalam memecahkan permasalahn matematika yang diperoleh dari hasil triangulasi kegiatan peserta didik dalam menyelesaiakn masalah matematis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi (gabungan) yang di lakukan pada saat peneliti menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan peserta didik dengan kategori minat tinggi mampu menyelesaiakan pemecahan masalah dari tiap tahap-tahapan pemecahan masalah dengan benar. Peserta didik dengan kategori minat sedang dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, mampu menyelsaiakan pemecahan masalah soal dan memenuhi semua indikator, namun dalam beberapa tahapan lainya masih kurang sistematis dalam penyelesaianya. Peserta didik dengan kategori minat rendah hanya mampu menyelesaiakan pada tahapan memahami masalah dan merencanakan masalah meskipun belum maksimal, dan belum mampu untuk menyelesaiakan tahapan lainya. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan pemecahan matematis, Minat belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2017 03:48
Last Modified: 21 Dec 2017 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item