RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN R.A KARTINI DENGAN KONSEP FEMINISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Astuti, Tri Ayu Puji (2017) RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN R.A KARTINI DENGAN KONSEP FEMINISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_TRI.pdf] PDF
Download (31MB)

Abstract

Pendidikan Islam menempatkan posisi manusia secara proporsional. Islam menyerukan adanya persamaan dan peluang yang sama dalam belajar. Pendidikan diyakini kartini meberik kemampuan kepada seseorang untk perpikir rasional dan objektif. Kartini menaruh harapan untuk kemajuan perempuan, untuk merombak kultur feodal-patriarkal yang selama berabad-abad membelenggu kaum perempuan dimana kaum perempuan hanya dibatasi pada sektor domestik, antara dapur, sumur dan kasur. Kartini berusaha menyuntiknya dengan pendidikan yang sama dengan laki-laki. Dari latar belakan tersebut tujuan yang akan peneliti sampaikan adalah untuk mengetahui konsep Feminisme dalam pendidikan Islam, untuk mengetahui pemikiran Kartini mengenai pendidikan perempuan, untuk mengetahui relevansi pemikiran pendidikan RA Kartini dengan konsep feminisme dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif, dengan jenis analisis taksonomi. Yaitu analisis yang memusatkan perhatian pada domain tertentu yang sangat berguna untuk menggambarkan fenomena atau masalah yang menjadi sasaran studi. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa (a) Setiap manusia laki-laki maupun perempuan memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama sebagai hamba allah, khalifah dibumi, menerima primordial, dan berpotensi meraih potensi. Oleh sebab itu marginalisasi, subordinasi, stereotype, kekerasan, pembagian kerja secara seksual, kesemuanya harus dihapuskan di dunia pendidikan. (b) Pendidikan perempuan dilakankan pertama kali sebagai usaha pembangunan kepribadian anak bangsa. Pendidikan diarahkan kepada pembentukan watak dan kepribadian peserta didik. Seluruh rakyat harus dapat menerima pendidikan secara sama. (c) Pemikiran Kartini al- ummu madrasatun, relevan dengan Konsep Feminisme karena setiap mahluk berhak meraih prestasi. Pendidikan dan pengajaran bagi perempuan relevan dengan konsep feminisme yaitu pengembangan potensi peserta didik melalui proses pendidikan yang mengantar peserta didik menjadi hamba Allah dan khalifah di bumi, serta pendidikan tanpa diskriminasi Kartini relevan dengan konsep Feminisme karena tidak mentolerir segala bentuk penindasan. Bertitik tolak dari hasil temuan ini, saran peneliti, dengan wacana yang digulirkan dimaksudkan untuk ikut merombak paradigma masyarakat luas. Terlebih dalam dunia pendidikan Islam, pengembangan potensi dalam diri perempuan itu sendiri juga harus menjadi satu harapan dan kenyataan. Kata Kunci: Kartini, Feminisme, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:31
Last Modified: 21 Dec 2017 02:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item