HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Listrianto, Rindra (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MIN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (69MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar. Dalam kegiatan belajar, motivasi merupakan kekuatan yang mendorong individu melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar yang optimal. Terlebih pada mata pelajaran matematika, yang memiliki karakteristik kajian objek yang abstrak, sehingga sangat membutuhkan ketekunan dan motivasi belajar yang kuat untuk memahaminya. Hal ini sesuai dengan fakta lapangan yang peneliti temukan pada saat pra survey di kelas IV MIN 8 Bandar Lampung Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Dengan itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 8 Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 8 Bandar Lampung dengan jumlah populasi yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 138 siswa. Adapun jumlah sampel sebanyak 35 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitiannya adalah penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar yang berjumlah 38 butir soal, sedangkan hasil belajar didapatkan dari dokumentasi nilai ulangan MID semester genap. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis dan uji prasyarat analisis menggunakan bantuan program IBM SPSS statistics 19. Hasil analisis dengan korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dari besarnya nilai rhitung sebesar 0,871. Jika nilai rhitung dibandingkan dengan nilai rtabel sebesar 0,333 pada taraf signifikansi 5% dapat ditarik kesimpulan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:37
Last Modified: 19 Dec 2017 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item