PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MIN 7 BANDAR LAMPUNG

Fitriyani, Irma (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MIN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_pdf.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Belum optimalnya keterampilan berbicara yang diperoleh peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung diantaranya adalah memiliki perasaan takut berpendapat, malu, ragu-ragu, dan penggunaan bahasa yang belum tepat serta kurangnya latihan. Serta metode pembelajaran yang dipergunakan guru lebih mengacu pada pembelajaran yang konvensional. Guru tidak melibatkan peserta didik secara langsung dalam pembelajaran. Belum maksimalnya pencapaian nilai peserta didik ini, menjadi indikasi bahwa pembelajaran yang dilakukan selama ini belum efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode Role Playing terhadap keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MIN 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung semester I tahun ajaran 2017/2018. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25. Sampel diambil dari dengan menggunakan sampel random sampling teknik acak kelas dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata didalam populasi itu. Hasil penelitian didapat nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,28 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 70,08. Untuk uji hipotesis diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam hipotesis jika sig < 0,05 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Role Playing terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas III MIN 7 Bandar Lampung. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Dec 2017 03:40
Last Modified: 19 Dec 2017 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item