PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK AFTIHU JANNAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Melyani, M (2017) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 TAMAN KANAK-KANAK AFTIHU JANNAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (145MB)

Abstract

Media animasi pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh anak sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media animasi dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini kelompok B2 Taman Kanak-kanak Aftihu Jannah Sukarame? dan apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan penggunaan media animasi dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini kelompok B2 Taman Kanak-kanak Aftihu Jannah Sukarame? Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media animasi dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Aftihu Jannah Sukarame dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah guru dan anak. Alat pengumpul data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai Penggunaan media animasi dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini kelompok B2 Taman Kanak-kanak Aftihu Jannah Sukarame bahwa guru telah menerapkan langkah-langkah penggunaan media animasi sesuai dengan teori yang mereka ketahui yaitu dimulai dari guru memilih tema untuk kegiatan yang ingin dicapai, guru menyiapkan media, guru memusatkan perhatian anak, guru menyajikan pembelajaran yang dinamis, guru menyajikan berdasarkan prinsip-prinsip psikologi, tingkah laku dan kognisi, guru memberikan kegiatan yang merangsang kemampuan anak, guru memberikan evaluasi. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan penggunaan media animasi antara lain mempermudah guru untuk menyampaikan informasi dan pesan kepada anak, dapat memunculkan rasa ingin tahu anak pada informasi yang disampaikan oleh guru, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan ketersediaan media disekolah. Media Animasi, Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Dec 2017 03:02
Last Modified: 19 Dec 2017 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item View Item