Implementasi Dzikrullah Al-Asma Al-Husna dalam Upaya Meningkatakan Kecerdasan Spiritual di Majelis Ta'lim At-Tadzkir Bandar Lampung

Asma, Asma (2017) Implementasi Dzikrullah Al-Asma Al-Husna dalam Upaya Meningkatakan Kecerdasan Spiritual di Majelis Ta'lim At-Tadzkir Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (485kB) | Preview
[thumbnail of TESIS.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam baik formal atau non formal berkaitan erat dengan kecerdasan spiritual, karena aspek keagamaan yang tercermin dalam akhlak setiap manusia merupakan refleksi ajaran Agama Islam. DiMajelis Ta’lim At-Tadzikr yang penulis teliti, diketahui bahwaImplementasi Dzikrullah Al-Asma Al-Husna adalah proses pendidikan termasuk ranah bidang studi Akidah Akhlak atau budi pekerti, pembelajaran sudah berjalan dengan baik,kecerdasan spiritual sebagian kecil jamaah masih rendah ada yang belum mampu mengolah rasa kecewa dan belum mampu memafkan sesama, sebagian kecil sangat tinggi kecerdasan spiritualnya seperti seorang santri yang mampu mengolah rasa dekat dengan Allah, maka sering doa mereka terkabul, dengan ‘’Cahaya dan kekuatan’’ dari Allah , sehingga dapat mengaplikasikan dalam masyrakat seperti mengajak/ berdakwah, mengobati, meruqiyah, memberikan bimbingan dan konsultasi. Adapun Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Dzikrullah Al-Asma AL-Husna dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual masyarakat diMajelis Ta’lim At-Tadzkir BandarLampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi,dokumentasi, dan diperkuat dengan angket.Sumber data yaitu guru pembimbing, jamaah dan pimpinan ta’lim. Adapun teknik analisa data menggunakan analisa kualitatif deskriptif dengan melakukan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi DzikrullahAl-Asma Al-Husna sudah baik, namun dalam aspek peningkatan kecerdasan spiritual melalui implementasi Dzikrullah Al-Asma Al-Husna sebagian kecil peserta didik terlihat masih rendah, ini disebabkan adanya beberapa faktor, baik faktor internal maupun eksternal.Faktor internal yaitu kurangnya pemahaman peserta didik dalam mengaplikasikan sikap yang mencerminkan sifat dan nama Allah,mampu mengolah rasa kecewa dan menerima diri sendiri, masih ada sebagian kecil yang masih minder karena rendah ekonomi dan kurangnya pendidikan fomal sehingga dalam kegiatan sehari-hari aspek mampu mengolah rasa kecewa dan menerima diri sendiri belum maksimal tercermin, sedangkan faktor eksternal yaitu dilihat dari aktivitas ibadah yang rutin dilakukan oleh peserta didik/jama’ahdi Ta’lim, teknik, cara, metode dalam proses pembelajaran ini tidak maksimal dilakukan karena ustad/guru pembimbing bukan berlatar belakang pendidikan keguruan Agama Islam, mereka belajar secara otodidak. Kegiatan masih bersifat tradisional dan kekeluargaan, belum meggunakan sistim klasikal dan profesional,alokasi waktu pertemuan yang masih minim dikarenakan yang jadi peserta didik umur dan domisili mereka yang saling berjauhan, sehingga penyerapan dan pemahaman belum maksimal, dan belum ada orientasi kebidang pembelajaran cabang ilmu pengetahuan lainnya seperti ilmu fiqih ibadah, muamalah, teori dakwah, TPA, klas tafsir dan lainnya, belum adanya badan usaha seperti koperasi, asuransi dan kegiatan lain yang bersifat keorganisasian dan yayasan agar maksimal mengajak masyarakat untuk beriman dan bertakwa dengan benar-benar bertauhid kepada Allah dan berakhlakul karimah yang mencerminkan kecerdasan spiritual yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 07 Mar 2017 01:59
Last Modified: 07 Mar 2017 01:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item