PENGARUH KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Skripsi

Artika, Munik yuni (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Skripsi. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (67MB)

Abstract

Kepercayaan diri belajar adalah sikap positif yang dimiliki seorang individu yang membiasakan dan menampakkan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain, lingkungan, serta situasi yang dihadapi untuk meraih apa yang diinginkan dalam mencapai penguasaan ilmu pengetahuan. Fenomena yang ada pada peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 9 Bandar Lampung menunjukkan terdapat peserta didik yang memiliki kepercayaan diri belajar rendah. Alternatif bantuan yang dapat diberikan untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri belajar peserta didik adalah dengan menggunakan konseling REBT, karena konseling REBT merupakan suatu pendekatan yang menekankan adanya perubahan dalam pola keyakinan konseli yang irasional agar konseli dapat mengembangkan diri dan meningkatkan rasa percaya diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apakah konseling kelompok berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri belajar peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 9 Bandar Lampung yang memiliki kepercayaan diri belajar rendah. Pemilihan sampel dilakukan melalui penyebaran angket kepercayaan diri yang telah diuji validitas. Terdapat 20 peserta didik yang memiliki kategori percaya diri belajar rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan kepercayaan diri belajar peserta didik setelah melaksanakan konseling kelompok dengan diperoleh thitung 17.847 pada derajat kebebasan (df) 18 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,175, maka thitung ≥ ttabel (17.847≥ 2,175), nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.000 ≤ 0,005). Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri belajar peserta didik kelas X IPS di SMA Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2017 02:27
Last Modified: 19 Dec 2017 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

View Item View Item