ANALISIS PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN KATEGORI MENURUT POLATTSEK DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS VII DI SMP 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Khair, Ade musliha Nawal (2017) ANALISIS PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN KATEGORI MENURUT POLATTSEK DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS VII DI SMP 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_ade.pdf] PDF
Download (16MB)

Abstract

Proses berpikir merupakan suatu yang mempunyai peranan penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Proses berpikir dapat mempengaruhi hasil pemecahan suatu masalah dan proses berpikir dapat dilatih melalui pemberian soal pemecahan masalah yang bersifat nonrutin terutama pada materi himpunan. Proses berpikir setiap individu dapat berbeda-beda. Salah satunya adalah karena dipengaruhi oleh kepribadiannya. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berpikir peserta didik dalam memecahkan masalah kategori menurut polattsek ditinjau dari self efficacy peserta didik kelas VII SMPN 21 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitian ditentukan melalui proses purpose sampling, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas VII-G yang berjumlah 31 peserta didik. Dari kelas tersebut kemudian diambil 6 responden yaitu kelompok atas, sedang dan bawah dari kepribadian self efficacay tinggi,sedang, dan rendah. Pengelompokan didasarkan pada tes proses berpikir dan angket kepribadian kemudian dikategorikan menurut pemahaman polattsek. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, proses berpikir peserta didik dalam pemecahan masalah matematika hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa peserta didik self efficacy tinggi memiliki proses bepikir konseptual dengan kategori pemahaman fungsional, sedangkan peserta didik self efficacy sedang memiliki proses berpikir semi konseptual dan komputasional dengan kategori pemahaman fungsional/pemahaman komputasional, kemudian self efficacay rendah memiliki proses berpikir kompuasional dengan kategori pemahaman komputasional. Kata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:38
Last Modified: 19 Dec 2017 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item