PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA DALAM PELAJARAN TRIGONOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA BUMI

Mayasari, May (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA DALAM PELAJARAN TRIGONOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA BUMI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar adalah hasil dari suatu kegiatan evaluasi belajar terhadap siswa setelah melakukan kegiatan belajar mengajar dalam upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dicapai, saat prapenelitian terdapat beberapa masalah yaitu, dalam kelompok terdapat siswa yang tidak fukus belajar sebab kurangnya rasa tanggung jawab secara personal dan sering terjadi pembicaraan dalam mengerjakan tugas-tugas kelompok dikuasai 2 atau 3 orang siswa, dan ditinjau dari indikator Self-Confiden siswa terdapat beberapa masalah yaitu: kurangnya bertindak mandiri dalam mengambil keputusan dalam kelompok serta kurangnya keberanian mengemukaan pendapat. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dengan tujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika, (2) ada tidaknya pengarauh Self-Confidence terhadap hasil belajar matematika, (3) ada tidaknya interaksi anatar model pembelajaran dan Self-Confidence terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian “posttes-only control design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota bumi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara acak kelas yaitu pengambilan kelompok sampel dari populasi yang homogen. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas, kelas X 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dari hasil analisis diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2017 01:53
Last Modified: 18 Dec 2017 01:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2646

Actions (login required)

View Item View Item