UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS NEGERI LIWA LAMPUNG BARAT

Ariansyah, Kiki (2017) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS NEGERI LIWA LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (68MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan bentuk perubahan pada tingkah laku, pengetahuan dan sikap yang diperoleh seorang peserta didik setelah melakukan proses kegiatan belajar. Guru sebagai agen perubahan merupakan orang yang sangat tepat untuk melakukan berbagai perubahan dalam diri peserta didik khususnya dalam hal peningkatan hasil belajar. Guru Al-Qur’an Hadits pada MTs Negeri Liwa Lampung Barat telah melakukan berbagai tugas dan tanggung jawabnya dalam meningkatkan hasil belajar mengajar, namun upaya tersebut belum berhasil secara maksimal, sehingga rumusan masalah yang di ajukan adalah”Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat”?dan apa saja upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat”? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ”Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat”?dan apa saja upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat”? Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan mengunakan analisa kualitatif deskriptif yaitu analisa data yang menekankan pada makna, penalaran,definisi, suatu situasi tertentu(dalam konteks tertentu)serta menggambarkan apa adanyamengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yaitu metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan mengunakan pendekatan berfikir induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus kemudian dari fakta-fakta yang khusus tersebut di tarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sipat umum. penelitian ini adalah upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat adalah memeberi motivasi agar aktif mengikuti pelajaran di kelas, memberi motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah, menciptakan suasana belajar yang tenang dan kondusif, memberi tugas mandiri dan kelompok, membantu menyelesaikan masalah belajar, memeberikan evaluasi terhadap kemampuan peserta didik, dan memeberikan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik. Faktor penyebab upaya guru belum berhasil dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat adalah kurangnya motivasi dalam diri peserta didik dan kurangnya motivasi dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2017 01:38
Last Modified: 18 Dec 2017 01:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2643

Actions (login required)

View Item View Item