DAMPAK POLA ASUH UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Anggraini, Meyrisa Dwi (2017) DAMPAK POLA ASUH UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (12MB)

Abstract

Orangtua adalah tampat pertama dan yang paling utama bagi anak dalam mendapatkan pendidikan dan juga orangtua memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak-anaknya, oleh sebab itu orangtua harus memberikan pendidikan yang baik kepada anak sejak dini bahkan mulai anak dari dalam kandungan sampai lahir kedunia. Maka diterapkannya pola asuh, pola asuh adalah suatu keseluruhan interaksi antara orangtua dengan anak, di mana orangtua bermaksud menstimulasi anaknya dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan serta nilainilai yang dianggap paling tepat oleh orangtua, agar anak dapat mandiri, tumbuh dan berkembang secara sehat dan optimal. Pola asuh terbagi menjadi 3 jenis yaitu demokratis, otoriter dan permisif. Sedangkan kemandirian anak merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap perkembangan dan kemampuan anak. Kemudian yang menjadi pokok penelitian yaitu “ Bagaimana Penerapan Pola Asuh Terhadap Kemandirian Peserta Didik”. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru, Orangtua, dan anak/ peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 4 peserta didik beserta orangtua. Dalam analisa data digunakan analisis kualitatif deskriptif, adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis teliti kesimpulan yang ada pada data lapangan adalah Data primer penulis peroleh dari pernyataan angket terhadap orang tua di MIN 7 Bandar Lampung dan data dokumentasi yang ada di MIN 7 Bandar Lampung. Sedangkan data sekunder diperoleh dari observasi dan wawancara dengan orang tua mengenai penerapan pola asuh terhadap kemandirian anaknya secara home visit. Home Visit merupakan kegiatan mengunjungi rumah orangtua, untuk mencari data-data dari orangtua yang berkaitan dengan penerapan pola asuh terhadap kemandirian peserta didik. Maka kesimpulan yang dapat penulis ambil adalah : penerapan pola asuh terhadap kemandirian sudah baik, tetapi tetap perlu penerapan atau bimbingan yang lebih maksimal lagi agar semakin tercipta kemandirian pada anak supaya anak tidak selalu ketergantungan pada orang tua. Contohnya seperti: merapihkan bukubukunya sendiri dan menaruh sepatunya ke tempatnya kembali setelah pulang sekolah. Keywords: Pola Asuh, Kemandirian, dan Home Visit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Dec 2017 02:57
Last Modified: 15 Dec 2017 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item View Item