MENGEMBANGKAN KOGNITIF MELALUI MEDIA MIND MAPPING DI KELAS B TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 28 MESUJI

Fitriani, Ana (2017) MENGEMBANGKAN KOGNITIF MELALUI MEDIA MIND MAPPING DI KELAS B TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 28 MESUJI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full(1).pdf] PDF
Download (80MB)

Abstract

Pengembangan kognitif anak dilakukan melalui Media Mind Mapping. Dengan tujuan untuk mengembangkan kognitif anak usia dini tahap praoperasional khususnya usia 5-6 tahun. Dengan indikator yaitu perkembangan kognitif anak dalam mengenal sebab akibat, mengklasifikasikan benda, dan memahami angka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Mengembangkan Kognitif Melalui Media Mind Mapping di Kelas B Taman Kanak-kanak negeri 28 Mesuji?”, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Mengembangkan Kognitif Melalui Media Mind Mapping di Kelas B Taman Kanak-kanak negeri 28 Mesuji. Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 20 anak. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana penerapan media mind mapping dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak, sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data dianalisis secara reduksi data, display data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan bahwa kemampuan kognitif anak berkembang lebih optimal jika lebih memaksimalkan penerapan media mind mapping dengan berdasarkan langkah-langkah serta indikator pencapaian yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Yaitu Pemilihan tema yang ingin dicapai, penyusunan peta pikiran sederhana, penyampaian informasi dan kegiatan tanya jawab, pembagian anak kedalam beberapa kelompok, penjelasan cara mengerjakan tugas sebelum pemberian tugas dilakukan, membimbing dan memberi motivasi kepada anak dalam mengerjakan tugas, meminta setiap kelompok untuk menyampaikan hasil penemuan kepada teman dikelas dan guru mencatatnya dipapan tulis, dan yang terhahir evaluasi, yakni guru mengulangi materi dari pembelajaran media mind mapping, dengan cara mengajak anak untuk menyebutkan kembali materi yang dipelajari tanpa melihat media mind mapping. Dilihat dari delapan langkah tersebut, mengembangkan kognitif melalui media mind mapping di kelas B Taman Kanak-Kanak Negeri 28 Mesuji dapat dikatakan sangat baik dengan melihat perkembangan kognitif yaitu 9 anak yang sudah berkembang sangat baik, terdapat 7 anak yang sudah berkembang sesuai harapan dan terdapat 4 anak yang mulai berkembang. Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Media Mind Mapping, dan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2017 02:11
Last Modified: 18 Dec 2017 02:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item