PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 03 ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU

Desyana, Vita Nur Fauziah (2017) PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 03 ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (66MB)

Abstract

Minat belajar peserta didik kelas III SDN 3 Adiduwih, Pringsewu masih rendah, hal ini disebabkan karena masih kurangnya variasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan mdel yang bervariasi dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran IPA SDN 3 Adiluwih, pringsewu. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya memiliki komponen tindakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Model yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Numbered Heads Together (NHT). Pembelajaran dengan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) adalah model dalam pembelajaran dan pengajaran dengan jalan melatih anak untuk bekerja sama atau kerja kelompok dalam memecahkan persoalan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelituan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numberad Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Meningkatnya minat belajar peserta didik di tandai pada pra siklus minat belajar peserta didik rata-rata 39%, pada siklus I pertemuan I rata-rata 51% dan pada siklus I pertemuan II rata-rata 61%. Meningkatnya minat belajar peserta didik pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 75% dan siklus II pertemuan II menjadi 80%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas III SDN 3 Adiluwih, Pringsewu. Kata kunci :Minat Belajar IPA, Strategi Numbered Heads Together (NHT).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2017 02:04
Last Modified: 18 Dec 2017 02:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2630

Actions (login required)

View Item View Item