PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK ASURANSI SYARIAH (Studi Pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Kantor Cabang Lampung)

Restu, Setiawan (2017) PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK ASURANSI SYARIAH (Studi Pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Kantor Cabang Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (16MB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan berusaha mencari strategi yang lebih tepat dalam memasarkan produknya. Ciri dan daya pemberian merek yang tepat dapat menambah citra atau nilai positif bagi suatu produk. Pilihan konsumen pada suatu brand produk tergantung pada image yang melekat pada produk tersebut. Perusahaan harus mampu memberikan yang terbaik yang mampu membangun image yang lebih dari pesaing tentang produk perusahaan kepada konsumen. Selanjutnya mengenai bagaimana merek dapat membentuk presepsi konsumen sehingga konsumen melakukan kegiatan promosi. Promosi penjualan yang dilakukan adalah periklanan, disamping media iklan lainnya, yaitu personal selling, publisitas, dan promosi penjualan. Permasalahan penelitian ini adalah apakah brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk asuransi syariah di PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Kantor Cabang Lampung menurut pandangan ekonomi Islam, apakah promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk asuransi syariah di PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Kantor Cabang Lampung menurut pandangan ekonomi Islam, dan apakah brand image dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk asuransi syariah di PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Kantor Cabang Lampung menurut pandangan ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui apakah promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin kantor cabang Lampung, dan untuk mengetahui apakah brand image dan promosi menurut pandangan ekonomi islam berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk asuransi syariah di PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin Kantor Cabang Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan penyebaran kuesioner. Data diberikan kepada 100 nasabah yang menggunakan asuransi jiwa syariah. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukan bahwa bahwa brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,252 >1,984), promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,496 > 1,984), dan brand image dan promosi sama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (345,357 > 3,942) artinya semakin baik brand image dan promosi maka dapat meningkatkan keputusan pembelian produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:27
Last Modified: 14 Dec 2017 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item