PERAN PEREMPUAN SEBAGAI PENDIDIK PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB

Rosita, Ita (2017) PERAN PEREMPUAN SEBAGAI PENDIDIK PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ITA_ROSITA.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

Pada masa kini perempuan seakan lupa akan perannya dalam rumah tangga, ini dipicu adanya karier perempuan diluar rumah. Persaingan antara perempuan dalam dunia karier tidak hanya dipicu oleh status pernikahan, tetapi juga tampilan fisik perempuan. Perempuan yang lebih cantik dan proposional berat badannya jauh lebih banyak mendapatkan kesempatan bekerja dan berkarier daripada yang tidak. Pada hakikatnya, pelaksanaan pendidikan anak merupakan amanat besar dari Allah. Karenanya, keteledoran dan penyelewengan pendidikan anak dari manhaj yang telah ditentukan merupakan pengkhianatan terhadap amanat besar itu. Mengingat besarnya tanggung jawab para pelaksana pendidikan, Allah yang Mahasuci akan memberikan imbalan yang pantas bagi mereka. Sifat perempuan sesuai dengan tugas ibu seperti tahan sabar dengan kelakuan anak karena kasih sayang yang telah tertanam dalam jiwanya sesuai dengan sifat keibuannya. Perempuan telah diciptakan Allah melahirkan anak. M. Quraish Shihab mengungkapkan pemikirannya tidak dapat dimungkiri bahwa mengabaikan perempuan berarti mengabaikan setengah dari potensi masyarakat, dan melecehkan mereka berarti melecehkan seluruh manusia karena tidak seorang manusia pun kecuali Adam dan Hawa as. yang tidak lahir melalui seorang perempuan. Secara umum karakteristik pemikiran keislaman Quraish Shihab adalah bersifat rasional dan moderat. Sifat rasional pemikirannya diabdikan tidak untuk, memaksakan agama mengikuti kehendak realitas kontemporer. Yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana peran perempuan sebagai pendidik perspektif M. Quraish Shihab? Jenis penelitian adalah library research. Sebagai data primer yaitu karya M. Quraish Shihab di antaranya: Perempuan, Sedangkan data sekunder, yaitu kepustakaan lain yang menunjang data primer. Penelitian ini menyimpulkan bahwa M. Quraish Shihab merumuskan peran perempuan sebagai pendidik berdasarkan apa yang sudah menjadi sifat dalam diri perempuan tersebut, yaitu: sebagai model dan pembentuk karakter anak yang memiliki sifat jujur dan menanamkan kejujuran, memiliki sifat lemah lembut dan mendidik anak dengan penuh kasih dan sayang, memiliki rasa sabar dalam mendidik anak dan menghadapi kelakuan anak-anak, adil dalam memberikan kebutuhan terhadap anak-anak, serta memiliki sifat keibuan yang mampu dalam menghadapi segala kondisi anak, yang mampu menyayangi anak-anaknya dan mampu mendidik anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2017 02:30
Last Modified: 14 Dec 2017 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2622

Actions (login required)

View Item View Item