Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung.

Nurhasanah, Wiwit (2017) Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG Oleh : Wiwit Nurhasanah Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan ilmiah yang dimiliki oleh setiap individu, namun kemampuan tersebut tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung masih berfokus pada guru (teacher centered) dan penyajian materi masih bersifat saru arah serta kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk berpikir kritis. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kritis biologi yang dimiliki peserta didik masih rendah. Berkenaan dengan masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada kelas XI semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis biologi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design dengan rancangan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan strategi pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis biologi berdasarkan indikator berpikir kritis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap kemampuan berpikir kritis biologi peserta didik kelas XI di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan rumus Polled Varians menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel yaitu, 6,115 > 1,671. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Kemampuan berpikir kritis biologi, Sistem reproduksi manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 06 Mar 2017 08:01
Last Modified: 06 Mar 2017 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item