PENGGUNAKAN METODE BELAJAR DI LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI KELAS B2 DI RAUDHATUL ATHFAL AZ ZAHRA NATAR LAMPUNG SELATAN

Wulansari, Dewi (2017) PENGGUNAKAN METODE BELAJAR DI LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI KELAS B2 DI RAUDHATUL ATHFAL AZ ZAHRA NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (62MB)

Abstract

Anak usia dini mengalami pertumbuhan perkembangan, terutama pertumbuhan jasmani yang sangat pesat. Kegiatan metode belajar di luar kelas (outdoor study) merupakan upaya mengajak anak lebih dekat dengan sumber belajar yang sesungguhnya, yaitu alam dan masyarakat. Kemandirian anak adalah keadaan seseorang anak dalam kehidupannya mampu memutuskan atau mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain. Hasil observasi yang dilakukan di RA Az Zahra Natar Lampung Selatan menunjukkan bahwa perkembangan peserta didik pada kegiatan berani tampil di depan umum, mengerjakan tugas sendiri sampai selesai, membuang sampah pada tempatnya masih terdapat beberapa anak yang kesulitan melakukannya. Dalam penelitian ini rumusan masalah yang penulis ajukan adalah “Bagaimanakah penggunaan metode belajar di luar kelas (outdoor Study) untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di kelas B2 di Raudhatul Athfal Az Zahra Natar Lampung Selatan?”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan ditempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata atau kalimat, dengan subjek penelitian adalah anak kelas B2 yang berjumlah 15 anak. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana kegiatan penggunaan metode belajar di luar kelas (outdoor study) dapat meningkatkan kemandirian anak sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data analisis secara reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemandirian anak dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode belajar di luar kelas (outdoor study). Ternyata didapati bahan kemampuan kemandirian anak berkembang lebih optimal jika anak tidak hanya melakukan kegiatan di dalam kelas dan harus diselingi dengan kegiatan belajar di luar kelas (outdoor study). Setelah dilakukan kegiatan metode belajar di luar kelas (outdoor study) serta dengan mengajarkan perilaku yang baik kepada anak, maka anak dapat mengubah kebiasaan tidak baik mereka sedikit demi sedikit, sehingga anak dapat mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain. Kata Kunci : Metode Belajar di Luar Kelas (Outdoor Study), Kemandirian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 06:48
Last Modified: 12 Dec 2017 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2611

Actions (login required)

View Item View Item