IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF BERBANTUAN SOFTWARE WINGEOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Gusnidar, G (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF BERBANTUAN SOFTWARE WINGEOM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_gusnidarO.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, hal tersebut dipengaruhi oleh penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Melihat permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk menerapkan salah satu strategi pembelajaran konflik kognitif. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik tidak mutlak disebabkan strategi pembelajaran yang tidak cocok, tetapi ada faktor lain yaitu kurangnya pendidik memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran konflik kognitif berbantuan software wingeom dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi satu jalur sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis variansi satu jalur dengan sel tak sama, diperoleh Fhitung = 5,556, sedangkan Ftabel = 2,698, jadi Fhitung ≥ Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara strategi pembelajaran konflik kognitif berbantuan software wingeom, strategi pembelajaran konflik kognitif, strategi pembelajaran ekspositori berbantuan software wingeom dan strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci : Konflik Kognitif, Pemecahan masalah Matematis, dan Software Wingeom

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 07:42
Last Modified: 12 Dec 2017 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2610

Actions (login required)

View Item View Item