PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIDA FLASH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nofrizal, N (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIDA FLASH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB_1_2_3_4_5_dan_Dafus.pdf] PDF
Download (922kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran melalui software program Macromedia Flash pada materi perbandingan kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan melalui Ahli media, Ahli materi dan respon Siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan prosedur dari metode Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono, penelitian ini di batasi dengan 7 langkah dari tahap 1 sampai tahap 7 yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain media, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Ahli materi, angket Ahli media dan angket respon Siswa. metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain : (1) Hasil utama dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis Macromedia Flash dalam pembelajaran matematika. (2) Tahap desain, pembuatan media menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 dengan bantuan aplikasi photoshop dan Ms. Power Point. (3) validasi desain, Hasil penilaian para Ahli media pembelajaran berdasarkan hasil angket Ahli media dan Ahli materi media pembelajaran yang dikembangkan dengan 2 kali tahap validasi. Validasi akhir dari Ahli materi mencapai skor rata-rata 3,67 dan Ahli media 3,75 maka dapat disimpulkan media yang dikembangakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. (4) Uji coba lapangan, berdasarkan hasil analisis angket respon Siswa pada uji skala kecil memperoleh skor 3,65 dan pada uji coba lapangan memperoleh skor 3,51 maka dapat disimpulkan kemenarikan media pada kategaori sangat menarik. Berdasarkan semua ini, maka dapat disimpulkan bahwa media tersebut layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Macromedia Flash, Media Pembelajaran, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:20
Last Modified: 12 Dec 2017 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2608

Actions (login required)

View Item View Item