EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Anggraeni, Yessi (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (70MB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Karena, maju mundurnya sebuah masyarakat atau bangsa, terletak pada tingkat pendidikan. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan di MIN 6 Bandar Lampung diperoleh data bahwa penggunaan metode pembelajaran masih menggunakan konvesional dan tidak divariasikan dengan metode lainnya, sehingga berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar matematika siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan metode pembelajaran untuk mengiringi metode pembelajaran yang ada, agar lebih memotivasi siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Adapun, rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa besar efektivitas penggunaan metode inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VI MIN 6 Bandar Lampung ? Metode penelitian pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling atau sampel sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan test objektif, wawancara dan dokumentasi. Sebelum instrumen test digunakan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan menilainya dari tingkat kesukaran, daya beda, dan berfungsinya distraktor. Sedangkan uji reliabilitas dari nilai koefisien alfha. Selanjutnya, setelah data hasil tes terkumpul, kemudian di analisis dengan menghitung statistik deskriptif dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan t tes, dengan sebelumnya persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas telah terpenuhi Hasil penelitian ini menunjukkan hasil posttest kelas eksperimen memperoleh nilai tertinggi 90 dan nilai terendah adalah 65, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai tertinggi 85 dan nilai terendah adalah 60, maka nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kemudian dari pengujian hipotesis didapatkan thitung adalah 7,652 dan ttabel adalah 2,0085 sehingga hasilnya thitung > ttabel (7,652 > 2,0085) yang artinya H1 diterima dan Ho ditolak. Maka, dapat disimpulkan penggunaan metode inkuri terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika. Kata Kunci : Hasil belajar, metode inkuiri terbimbing, mata pelajaran matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:08
Last Modified: 12 Dec 2017 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2606

Actions (login required)

View Item View Item