PENERAPAN BERMAIN BOWLING DALAM MENINGKATKANMOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL NAHDATUL ULAMA MATARAM BARU LAMPUNG TIMUR

Hikmah, Riska Dwi Nurul (2017) PENERAPAN BERMAIN BOWLING DALAM MENINGKATKANMOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL NAHDATUL ULAMA MATARAM BARU LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of RiskaDwi.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran di RANU Mataram Baru Lampung Timur yang dilaksanakan selama ini belum terarah pada komponen-komponen kebugaran jasmani yang dapat mempengaruhi perkembangan motorik kasar anak. Seperti bermain untuk melatih keseimbangan, koordinasi dan ketepatan anak. Hal tersebut nampak terlihat ketika anak mengikuti kegiatan pembelajaran melalui bermain melempar bola berpasang-pasangan anak masih belum bisa melempar secara terarah.Maka mendorong pendidik untuk mengembangkannya melalui kegiatan bermain bowling adalah salah satu permainan yang digunakan untuk meningkatkan motorik kasar anak. Karena dengan memilih permainan yang tepat maka dapat menjadi penunjang keberhasilan pendidik.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar melalui bermain bowling dan untuk mengetahui keberhasilan penerapan bermain bowling apakah dapat meningkatkan kemampuan motorik kasarpada anak Kelompok Bulan di RANU Mataram Baru Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim disebut Classroom Action Risearch. Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkanmotorik kasar melalui kegiatan bermain bowling anak kelompok Bulan di RANU Mataram Baru Lampung Timur, pada siklus I peserta didik yang Belum Berkembang mempunyai nilai persentase yang tinggi, dan peserta didik yang Berkembang Sangat Baik mempunyai nilai persentase yang sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang aktif dan kurang fokus dalam menerima pembelajaran khususnya dalam kegiatan bermain bowling. Pada siklus II, peserta didik yang Belum Berkembang mengalami jumlah yang sangat rendah dibanding pertemuan sebelumnya, peserta didik yang Berkembang Sangat Baik mengalami peningkatan yang bertambah dan dapat dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator tingkat pencapaian yakni 80%. Maka dapat penulis simpulkan bahwa melalui bermain bowling dapat meningkatkan motorik kasar di RANU Mataram Baru Lampung Timur. Kata kunci:Motorik Kasar, Kegiatan Bermain Bowling, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Mar 2017 08:00
Last Modified: 06 Mar 2017 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item