PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG

Jumroh, Siti (2017) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Selama ini guru hanya menggunakan metode pembelajaran diskusi dan ceramah. Proses pembelajaran siswa kelas X SMA Perintis 2 Bandar Lampung kurang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran biologi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model project based learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan Semester Genap di SMA Perintis 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dikelas X.1 dan X.2. Teknik pengumpulan data ialah dengan observasi, dokumentasi, dan tes objektif yaitu tes yang diberikan diakhir pembelajaran. Setelah data tes objektif dikumpulkan kemudian pengolahanya dilakukan dengan ujian validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors dan homogenitas dengan menggunakan varians terbesar dibandingkan dengan varians terkecil, yaitu 97.67667 sehingga diperoleh data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Sehingga untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua sampel tidak berkolerasi. Nilai t hitung sebesar thitung =9.48 dan ttabel = 1.67722. Nilai thitung> ttabel sehingga H0 artinya bahwa penggunaan model project based learning dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : Model Project based learning, keterampilan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 11 Dec 2017 02:43
Last Modified: 11 Dec 2017 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item