HUBUNGAN ANTARA PENGAMALAN NILAI-NILAI AKHLAK DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Apriliani, A (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGAMALAN NILAI-NILAI AKHLAK DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of pdfjoiner_4.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia sangat penting, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat dan bangsa. Akhlak sangat menentukan sekali terhadap keberhasilan seseorang, sebab akhlak mendorong untuk tetap berusaha semaksimal mungkin dan tidak putus asa. Selain akhlak pola asuh orang tua juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar. Pola asuh orang tua adalah cara yang diterapkan oleh orang tua dalam mengasuh, merawat dan mendidik sehingga anak dapat memiliki kepribadian tertentu sesuai dengan pola asuh yang diterapkan orang tua.Sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar anak. Hasil belajar adalah hasil atau perubahan yang dialami dari seseorang yang sedang belajar. Penelitianinimerupakanpenelitiankorelasi denganpopulasipeserta didik kelas VII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung.Sampel yang digunakansebanyak 2 kelasdenganteknikcluster random samplingyaitukelas VII Adan VII C sebagaikelassampel. Variabel bebas yang diteliti adalah pengamalan nilai-nilai akhlak dan pola asuh orang tua, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahangketpengamalan nilai-nilai akhlak dan angket pola asuh orang tua, tes, wawancara, dandokumentasi.Uji prasyarat dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Untuk uji analisis menggunakan uji analisis korelasi sederhana dan uji korelasi ganda. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan analisis korelasi sederhana menunjukkan terdapat hubungan antara pengamalan nilai-nilai akhlak dengan hasil belajar matematika sebesar 0,350, terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika sebesar 0,422 dan hasil analisis data dengan menggunakan analisis korelasi ganda menunjukkan terdapat hubungan pengamalan nilai-nilai akhlak dan pola asuh orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika sebesar 0, 465. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengamalan nilai-nilai akhlak dan pola asuh orang tua dengan hasil belajar matematika. Kata Kunci : Nilai-nilai Akhlak, Pola Asuh dan Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Dec 2017 01:42
Last Modified: 11 Dec 2017 01:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item View Item