Implementasi Pendekatan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 1 Yukum Jaya Kabupaten Lampung Tengah

Wulandari, Khusnul (2017) Implementasi Pendekatan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 1 Yukum Jaya Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (428kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (236kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (597kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (171kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (425kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (99kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (104kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Perubahan kurikulum merupakan suatu keniscayaan. Terlebih tujuan perubahan kurikulum dimaksudkan untuk perbaikan system pendidikan demi mencapai hasil sesuai dengan salah satu cita-cita bangsa yang tertuang dalam teks pembukaan Undang- Undang Dasar 1945, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi, baik budi pekerti luhur, serta displin yang tinggi. Salah satu cirri dari kurikulum 2013 yakni dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Permasalahan utama yang mendasari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian secara autentik di SDN I Yukum Jaya, langkah – langkah apa saja yang telah dilaksanakan sekolah dan guru dalam implementasi Kurikulum 2013, serta faktor apa saja yang menmpengaruhi implemntasi Kurikulum 2013, dengan tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan implemntasi kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata- kata tertulis dan lisan dari sumber dan perilaku yang dapat diamati. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, observasi, awancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, mengorganisasikan data, dan menyimpulkan data. Hasil analisi data selanjutnya dicek keabsahannya melalui pemeriksaan trianggulasi, dan pengecekan kecukupan referensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 di SDN I Yukum Jaya dapat berjalan dengan baik. Baik dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan Pendekatan Saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Maupun Penilaian Autentik dalam menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hal tersebut karena didukung dengan Pendidik dan tenaga kependidikan yang dimiliki 90% sarjana pendidikan. Tersediannya buku teks kurikulum 2013 yang terdiri dari buku pegangan siswa dan guru dalam jumlah yang cukup. Semua guru PNS sudah mengikuti elatihan kurikulum 2013, dan tersediannya sarana belajar seperti buku penunjang, komputer, dan alat peraga, serta kondisi lingkungan kerja dan budaya seklah yang kondusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 06 Mar 2017 07:51
Last Modified: 06 Mar 2017 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item