MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU DI TK WIDYA BHAKTI TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG

Nisa , Eis Filhatin (2017) MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU DI TK WIDYA BHAKTI TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (63MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan kinestetik anak akan berkembang saling berinteraksi. Cara untuk mengembangkannya adalah dengan pembelajaran gerak dan lagu. Pembelajaran gerak dan lagu dapat mmempengaruhi kecerdasan pada aspek kognitif, bahasa, emosional, seni dan fisik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi gerak dan lagu dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan senam pinguin di TK Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif terhadap anak B2 Widya Bhakti yang terdiri dari 16 anak yaitu 7 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diakukan adalah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di TK Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung, penulis dapat mengambil kesimpulan dari keseluruhan pembahasan ini bahwa perkembangan kecerdasan kinestetik anak melalui gerak dan lagu sudah “Berkembang Sangat Baik”. Kesimpulan secara umum gerak dan lagu bisa mengembangkan kecerdasan kinestetik anak. Pada hasil observasi melalui gerak dan lagu menggunakan 11 langkah diantaranya langkah pertama adalah memperhatikan kondisi fisikologis anak dan langkah terahir dinomor 11 bahwa jika menginginkan sebuah pementasan maka pilihlah busana yang mendukung tema tarian atau gerak lagu dengan catatan busana tidak mengganggu gerak pada anak, dari 11 langkah tersebut ternyata gerak dan lagu bisa mengembangkan kecerdasan kinestetik anak melalui gerakan-gerakan tubuh seperti dengan cara membungkukkan badan dengan sambil memutarkan badan, keseimbangan tubuh dengan mengangkat 1 kaki, menggerakan tangan kanan dan tangan kiri melalui senam pinguin, karena senam pinguin termasuk irama dan gerakannya yang lucu membuat anak sangat antusias dalam bergerak melalui senam pinguin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Dec 2017 07:10
Last Modified: 06 Dec 2017 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item View Item