IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Rendra, Dwi Mei (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
PDF
Download (13MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan suatu kemampuan yang harus dimiiki oleh peserta didik dalam mengungkapkan gagasan atau ide matematis baik secara lisan maupun tertulis. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar matematika peserta didik adalah karena kurangnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Hal ini dapat dilihat di MTs Mamba’ul Ulum Margoyoso kelas VII dimana dalam mengarjakan soal kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapat nilai kurang dari KKM 75. Oleh kerena itu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik, maka ditetapkan suatu model pembelajaran advance organizer berbantuan macromedia flash. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer berbantuan macromedia flash dan untuk mengetahui apakah terjadi pengaruh motivasi belajar peserta didik dengan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian eksprimen semu (quasi experimental) teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampel Random Sampling sehingga didapat sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer berbantuan macromedia flash dengan jumlah 34 peserta didik, dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah 34 peserta didik. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen pretest, potstest dan angket motivasi belajar. Analisis data statistik mengunakan uji analisis varians dua jalur (ANAVA) dan berkorelasi pada data n-gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model advance organizer berbantuan macromedia flash dapat peningkatan komunikasi matematis yang lebih baik, dan terdapat pengaruh motivasi belajar peserta didik dengan kemampuan komunikasi matematis. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan sampel berdistribusi normal diperoleh data Fobservasi > Ftabel berarti H0 ditolak artinya terdapat peningkatan terhadap komunikasi matematis peserta didik. Kata kunci: komunikasi matematis, motivasi belajar, Model pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Macromedia Flash.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Dec 2017 06:21
Last Modified: 06 Dec 2017 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2560

Actions (login required)

View Item View Item