PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DALAM MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIDK KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Lestari, Fitri Ayu (2017) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DALAM MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN PESERTA DIDIDK KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FITRI_AYU_LESTARI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Sikap disiplin merupakan hal yang harus dimiliki bagi peserta didik di sekolah, karena disiplin sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik di masa yang akan datang. Untuk meningkatkan sikap disiplin peneliti menggunakan layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan behavioristik dengan teknik reinvorcement positif dikarenakan peserta didik dapat memperoleh kesempatan untuk menilai dan mengukur serta meningkatkan sikap disiplin dengan tujuan umpan balik (feed back) bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan sikap disiplin peserta didik di SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk menguji penerapan sikap disiplin siswa menggunakan konseling kelompok behavioristik dalam membantu meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mematuhi sikap disiplin sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Peneltian ini merupakan penelitian Pre-Experimental designs dengan model one group pre-test and post-test design. Data penelitian ini diperoleh dengan membagikan instrumen penelitian (angket kedisiplinan) dan dianalisis menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Teknik analisis data menggunakan t-test paried sample menunjukan perubahan skor pada angkrt sikap kedisiplinan peserta didik dari rata-rata hasil pre-test sebesar 31.2 menjadi 42.7, hal ini dapat di lihat dari hasil pengujian hipotesisi didapatkan hasil perhitungan sebagai berikut ketentuant hitung > ttabel (14.500> 1.729) dengan taraf signifikan α 0,05. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan konseling kelompok behavioristik untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mematuhi peraturan tata tertib sekolah pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Kata kunci : Konseling Kelompok Behavioristik, Sikap Peserta Didik, Kedisiplinan Sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2017 06:51
Last Modified: 05 Dec 2017 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item View Item