Pengaruh Asesmen Portofolio Elektronik Terhadap Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 2 Bandar Lampung

Ayu, Desta (2017) Pengaruh Asesmen Portofolio Elektronik Terhadap Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 2 Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_WATERMARK_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH ASESMEN PORTOFOLIO ELEKTRONIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG Oleh: Desta Ayu Penilaian pada hakikatnya merupakan sebagai sebuah proses yang ditempuh oleh peserta didik untuk mendapatkan informasi dan bukti-bukti yang dapat digunakan dalam rangka membuat keputusan-keputusan mengenai peningkatan dan penurunan penilaian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Asesmen Portofolio Elektronik terhadap Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa kelas XI pada mata pelajaran Biologi di MAN 2 Bandar Lampung. Metode Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dengan desain the matching-only pretest-postest control group design. Instrumen penelitian terdiri dari tes penguasaan konsep, angket sikap ilmiah, angket respon siswa dan catatan lapangan. Sesuai hasil penelitian, nilai Penguasaan Konsep pretest di kelas eksperimen 57,95, nilai Penguasaan Konsep postest 87,76 dengan perolehan N-Gain 0,73 termasuk kategori Tinggi. Pada kelas kontrol nilai Penguasaan Konsep pretest 61,39 dan nilai Penguasaan Konsep postest 77,65 serta memperoleh N-Gain sebesar 0,42 termasuk kategori Sedang. Dan untuk nilai daftar ceklis awal Sikap Ilmiah 57,15 dan daftar ceklis akhir Sikap Ilmiah 82,82 dengan N-Gain 0,59 termasuk kategori Sedang. Pada kelas kontrol nilai daftar ceklis awal Sikap Ilmiah 73,18 dan daftar ceklis akhir sebesar 77,21 dengan N-Gain 0,36 termasuk kategori sedang. Berdasarkan uji t independent Penguasaan Konsep untuk nilai N-Gain diperoleh sig. (2-tailed) 0,00 ≤ α (0,05), maka Asesmen Portofolio Elektronik berpengaruh terhadap Penguasaan Konsep, dan uji t independent Sikap Ilmiah untuk nilai N-Gain diperoleh sig. (2-tailed) 0,00 ≤ α (0,05), maka Asesmen Portofolio Elektronik berpengaruh terhadap Sikap Ilmiah. Untuk korelasi diperoleh Sig.(2-tailed) 0,002 ≤ 0,05, dan terlihat dari nilai pearson correlation 0,788** artinya Asesmen Portofolio Elektronik berkorelasi sebesar 78% terhadap Penguasaan Konsep. Untuk korelasi DIPEROLEH Sig. (2-tailed) 0,013 dan pearson correlation sebesar 0,796**, artinya Asesmen Portofolio Elektronik berpengaruh sebesar 79% terhadap Sikap Ilmiah. Berdasarkan hasil angket respon siswa diketahui bahwa siswa merespon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan. Kata Kunci : Asesmen Portofolio Elektronik, Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 06 Mar 2017 08:01
Last Modified: 06 Mar 2017 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item View Item