PENGARUH PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA 17 BANDAR LAMPUNG

Kurniawati, Eka (2017) PENGARUH PENDEKATAN JOYFUL LEARNING MELALUI METODE MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF EFFICACY BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA 17 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (13MB) | Preview

Abstract

Setelah dilakukan pra survey di sekolah diketahui ada beberapa kendala, diantaranya yaitu kegiatan pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah, peserta didik sering kali lupa terhadap materi yang telah dipelajari, dan banyak peserta didik yang memiliki keterampilan berpikir rendah dan rasa kepercayaan diri (self efficacy) yang rendah. Dengan itu peneliti mencoba menggunakan pendekatan joyful learning melalui metode mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy pada peserta didik kelas x SMA 17 Bandar Lampung, sehingga mengetahui adakah pengaruh pendekatan joyful learning melalui metode mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy biologi pada peserta didik kelas x SMA 17 Bandar Lampung ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan joyful learning melalui metode mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy pada peserta didik kelas X SMA 17 Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode penelitian Quasi Eksperiment Desigen dan dengan pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan joyful learning melalui metode mind map maka diperoleh hasil belajar berpikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan pendekatan joyful learning dan metode mind map, dimana nilai pretest kelas eksperimen 66.83 dan posstest 93.66 dan nilai pretest kelas kontrol 60.00 dan posstest 87.50. Dan hasil belajar Self Efficacy kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan joyful learning melalui metode mind map lebih tinggi dengan rata-rata 81.62 dan 78.72 untuk kelas kontrol. Tekhnik analisis data menggunakan uji t (independent). Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan joyful learning melalui metode mind map terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy pada peserta didik kelas x SMA 17 Bandar Lampung .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 05 Dec 2017 03:07
Last Modified: 05 Dec 2017 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2549

Actions (login required)

View Item View Item