Irawan, Purna Genta (2017) EFEKTIVITAS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM MEREDUKSI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() Preview |
PDF
Download (9MB) | Preview |
Abstract
faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal dari anak itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis menyelesaikan secara komprehensip permasalahan perilaku membolos dikalangan peserta didik serta dampak yang akan diterima peserta didik yang sering melakukan tindakan membolos, dimana perilaku membolos yang dimaksud adalah tindakan keluar sekolah dipertengahan jam pelajaran tanpa sepengetahuan guru piket maupun pihak sekolah.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif, banyak menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan dari hasilnya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-experimental. Alasan peneliti menggunakan metode ini karena dalam rancangan metode pre-experimental, peneliti mengamati satu kelompok utama dengan melakukan intervensi di dalamnya sepanjang penelitian, selain itu di dalam metode ini tidak menggunakan kelompok kontrol untuk dibandingkan dengan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan menggunakan teknik wawancara bebas atau tak terstruktur yaitu untuk memperoleh informasi dari Guru BK SMPNegeri 3 Bandar Lampung. Angket dipergunakan sebagai instrument untuk mengukur perilaku membolos peserta didik. Observasi dilakukan degan mengamati diantaranya adalah keadaan lingkungan sekolah SMP Negeri 3 Bandar Lampung, keadaan perilaku membolos peserta didik, serta layanan bimbingan dan konseling yang diberikan. Dokumentasi dipergunakan untuk memperoleh data tentang sejarah berdiri, struktur organisasi, jumlah pendidik, dan komponen-komponen dalam pelaksanaan konseling kelompok dengan tenik Rational Emotive Behavior Therapy(REBT) di SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Dari hasil penelitian ternyata teknik REBT mampu mereduksi perilaku membolos peserta didik. Hal itu diketahui berdasarkan perolehan hasil uji t yang terlihat bahwa mean sebesar -16,000 dengan standar deviasi sebesar 5,425. Nilai t hitung sebesar -8,342. Sedangkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Berdasarkan hipotesis yang diajukan jika Ho ditolak itu berarti teknik REBT mampu mereduksi perilaku membolos peserta didik. Kata kunci:Perilaku Membolos, dan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 02:36 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 02:36 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |